Rabu, 31 Juli 2013

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

SEJARAH
   Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri tahun 1964 dan mengikuti hampir separuh perjalanan sejarah persyarikatan Muhammadiyah yang kini berusia satu abad. UMM merupakan salah satu dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah  di Indonesia.
   Kehidupan kampus UMM berorientasi pada masa depan menuju visi The Real University, yakni Universitas yang sebenar-benarnya, di mana kampus menunjukkan kehidupan akademik yang terus tumbuh, inspiratif dan antisipatif terhadap zaman yang terus berubah serta memberi manfaat kepada pencerahan peradaban dan kemanusiaan.
   Di tingkat nasional, prestasi UMM termasuk sebagai Indonesian 50 Promising Universities versi Dirjen Dikti. Dalam berbagai Survei dan penilaian berbagai pihak. UMM juga menempati posisi 5 hingga 12 besar universitas terbaik untuk negeri maupun swasta.


SISTEM PENDIDIKAN

   Sistem pendidikan di UMM mengikuti standar pendidikan di Kementrian Pendidikan dan   Kebudayaan Republik Indonesia untuk program Studi Agama Islam. Standar tersebut diterapkan baik dalam menyusun kurikulum, akreditasi, maupun penyelenggaraan pengajaran,penelitian dan pengabdian masyarakat.
   UMM menerapkan sistem SKS, yakni suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit untuk menyatakan beban studi mahasiswa,beban kerja dosen,pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan pendidikan.Sistem ini sangat memungkinan peserta didik menyelesaikan studinya dengan tepat waktu,bahkan bisa lebih cepat dari waktu yang di tentukan. Selain sistem yang ketat itu, UMM tetap memiliki karakter khas yang di hasilkan dari pemikiran serta kreasi inovatif hasil internalisasi perjalanan sejarah pengalaman yang di miliki.


MAHASISWA, DOSEN  dan STAF TEKNIS

  Saat ini UMM mendidik lebih dari 29 ribu mahasiswa berasal dari seluruh penjuru tanah air, dan sebagian mahasiswa asal luar negri. Mereka berasal dari hampir seluruh daerah kabupaten dan kota di Indonesia dari Sabang Sampai Merauke. Sedangkan yang dari luar negeri antara lain berasal dari Malaysia, Brunei, Singapura dll. Mereka mempunyai latar belakang budaya, suku, ras yang berbeda, sehingga masuk ke kampus UMM ibarat masuk ke arena '' Indonesi Mini '' tempat berintraksi antar kultur yang beragam latar belakangnya.


ORGANISASI KEMAHASISWAAN

   Untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, UMM membebaskan mahasiswa untuk bergabung ke organisasi, baik intra maupun ekstra kampus.Organisasi yang intra tersedia antara lain BEM, Senat mahasiswa, HMJ , serta LSO.
   Sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah, UMM membina  IMM sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang ikut menggerakkan dakwah melalui organisasi di dalam kampus.


FAKULTAS dan JURUSAN

  Di UMM terdapat banyak fakultas dan jurusan antara lain:
       1. Fakultas Hukum
       2. Fakultas Agama Islam
       3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
       4. Fakultas Ilmu Sosial dan politik
       5. Fakultas Kedokteran
       6. Fakultas Pertanian dan Peternakan
       7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
       8. Fakultas Psikologi
       9. Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kesehatan.
        

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar